Waktu Yang Tepat Untuk Upload Vidio Youtube

Upload Vidio Youtube pada waktu yang tepat agar banyak penonton
Waktu Yang Tepat Untuk Upload Vidio Youtube

Assalamualaikum Wr. Wb

Siapa sih..., yang tidak mengenal youtube di jaman serba modern ini, mulai orok bayi sampai nenek udah pada gandrung dengan terbukti banyak vidio di youtube dari kalangan zaman now sampai old.

Sobat saya kasih bocoran agar vidio sobat banyak yang lihat so harus tau kapan waktu yang tepat untuk upload vidio dan thumbnail yang menarik.

Agar kalian bisa mengganti thumbnail atau sampul video harus memverifikasi akun YouTubenya.


Sebenarnya semua waktu baik akan tetapi untuk upload vidio di youtube waktu yang tepat juga sangat pengaruh sekali terhadap banyaknya penonton.

Selain itu kalian harus membuat Chanel YouTube lebih dari Satu untuk pembanding atau dipelajari pola-pola trafik dan demografi penonton videonya.

Sebelum menentukan waktu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yang pertama dan terpenting kualitas dan kuantitas Vidio.

Kemudian harus tau target calon penonton siapa?

Misal punya saya MANCING MANIA KALI JEMBER target vidio saya adalah negara Indonesia para pemancing dan kebanyakan pemancing sore sudah pulang dari kegiatan mancing, kerja dan sekolah.

Waktu Yang Tepat Untuk Upload Vidio Youtube

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum upload vidio di youtube diantaranya;
  1. Kualitas dan kuantitas vidio    Vidio baik dari konten dan tampilan dipersembahkan untuk  yang terbaik.
  2. Target penonton Kita lihat siapa objek dari konten vidio yang kita sajikan, misal anak-anak, remaja, dewasa, karyawan, dst.
  3. Waktu yang tepat Nah ini bagian terpenting dan saya membaginya sesuai penonton yang ditargetkan, silahkan di pilih   sesuai target penonton kalian. Jam 4-6 AM, jam 15-17 PM, jam 19-21 PM.
Setelah video YouTube di upload ada baiknya kalian share di media sosial Facebook, Twitter, Pinterest dan lainya.

Sebelum share link video kalian bisa memperpendek link agar kelihatan rapi dan aman dari spam.

Saat ini industri content inisiator lumayan banyak pecinta. Salah satunya pemicu banyak pecinta ialah karena alat yang dipakai sekarang ini lumayan gampang untuk didapat, seperti smartphone dengan camera yang cukup oke yang dipandang murah.

Tetapi, dalam pembikinan content youtube jangan asal-asalan, ada faktor-variabel yang perlu jadi perhatian dalam pembikinannya, misalnya waktu seperti penguploadan.

Kemungkinan ini kelihatan sedikit konyol, tetapi kenyataannya ini sebagai faktor yang cukup penting, ingat dalam masalah ini bila kita mengunggah video di saat-saat yang kurang pas bisa mengakibatkan video yang di upload mempunyai sedikit pemirsa atau bahkan juga tidak ada sama sekali.

Karena itu dalam masalah ini, aku sebagai penulis ingin share sedikit info berkaitan waktu terbaik untuk mengunggah content atau video di youtube. Artikel ini dicatat berdasar pengalaman individu dan penelitian.


Waktu terbaik unggah video di youtube agar penontonBerbeda dengan media sosial lainnya; misalkan seperti Instagram, fb atau twitter yang tidak demikian kuat dampak waktu dalam mengunggah konten. Karena pada intinya media sosial itu lebih memprioritaskan followers atau rekan untuk menyaksikan konten. Maka meskipun kita mengunggah content di jam-jam tidur (jam 1, 2, 3, 4 malam) masih tetap beberapa followers akan dapa menyaksikan content kita.

Dan di youtube; hal semacam itu cukup susah terkecuali kanal yang Anda bangun telah besar dan populer, hingga content yang di unggah akan di referensikan oleh youtube. Bila kanal yang Anda bangun masih kecil; silah-kan tangisi content Anda itu karena tidak ada pemirsa yang mengetahui bahkan juga subscriber kanal Anda sendiri.

Jam Upload Youtube Terbaik


Maka waktu terbaik untuk mengunggah content di youtube itu benar-benar penting. Dan sebetulnya waktu terbaik mengunggah video di youtube benar-benar simpel, cuma menggunakan dua faktor yakni hari dan jam.

A. Jam

  • Waktu terbaik untuk mengunggah video di youtube ialah sekitaran jam 12 - 2 siang. Kenapa? Karena pada pukul itu, beberapa orang yang istirahat dan pulang sekolah, dengan hati yang capek, hingga melihat youtube untuk alat hilangkan rasa lelahnya.
  • Waktu terbaik unggah video di youtube ialah pada pukul 8 - 9 malam. Ini sebagai saat yang lumayan bagus menurut aku, karena pada pukul ini lebih banyak orang yang istirahat hingga lumayan bagus untuk mengunggah content di saat ini. Bila Anda pernah meriset atau menyaksikan dari analitik kanal Anda. Waktu paling banyak pengakses youtube terutamanya di Indonesia ialah pada pukul 8 - 9 malam.
Tetapi harus dipahami masalah waktu jam di atas ialah samakan dengan sisi waktu Anda sendiri. Karena di Indonesia memili tiga zone waktu karena itu samakanlah dengan zone waktu Anda sendiri.

Ada lagi satu waktu terbaik untuk mengunggah video di youtube, yakni dengan menyaksikan analitik kanal Anda.

Pada gambar di atas ialah analitik waktu pemirsa video aku melihat. Dapat disaksikan pada gamba, makin gelap wananya karena itu makin bertambah yang melihat. Pada gambar, di semua hari waktu paling banyak pemirsa yang paling stabil ialah di jam 19 - 21. Anda dapat menyaksikan analitik semacam ini di kanal Anda.

Sebetulnya sama kita pahami analitik kanal kita, kita dapat keringanan dalam pembikinan dan penguploadan content di youtube.

B. Hari 

Untuk faktor hari, tidak dapat disamaratakan, ini bergantung konten.

Aku mempunyai kanal youtube dengan content panduan dan pengajaran. Dan yang aku temui ialah saat hari kerja, yakni Senin s/d Jumat. Pemirsa content pengajaran dan panduan aku alami banyak kenaikan, tetapi di hari Sabtu, minggu dan di hari liburan, content itu alami pengurangan penonton. Jadi ringkasannya untuk content pengajaran, waktu terbaik untuk unggah video di youtube ialah di hari kerja yakni hari Senin s/d Jumat, tetapi harus lihat jam upload-nya.

Tetapi, untuk content video games dan selingan. Aku rasa ini tidak ada waktu jeleknya, semua hari dapat digunakan untuk upload. Tetapi, untuk beberapa hari besar; seperti hari raya, kemungkinan alami sedikit pengurangan penonton.

Saat yang tidak cocok untuk mengupload video di youtube 

1. Jam tidur 

Jangan sampai unggah video di youtube pada pukul malam, yakni jam 10, 11, 12, 1, 2, 3, 4. Karena pada pukul itu, banyak orang sedang tidur. Terkecuali di beberapa hari khusus, misalkan seperti pada bulan Ramadhan. Peluang di bulan itu beberapa orang yang beribadah menanti sahur.

2. Waktu pagi 

Ada sebuah guyonan yakni tidak boleh kesiangan kelak rejeki dibanderol ayam. Tetapi pada penguploadan video di youtube, kita tidak dapat menyepakati guyonan itu. Karena pada pukul itu (5, 6, 7, 8 pagi) beberapa orang sedang repot untuk aktivitas bekerja


Dari ulasan berkaitan waktu terbaik untuk unggah video di youtube di atas, dapat disaksikan cukup penting fungsinya. Tetapi, saat sebelum mengaplikasikan hal itu, seharusnya benahi dulu isi content yang dibikin dan dalami SEO youtube; seperti pembikinan deskripsi dan tags video yang perannya lebih penting dari waktu penguploadan video. 

Karena sia-sia saja kita unggah video di saat yang cocok, tetapi berisi content yang buruk; tidak ada pula yang hendak melihat. Kembali lagi sama seperti yang aku ucapkan awalnya benahi isi content dan dalami SEO yotuube dan tentukan content yang paling diperlukan pemirsa, karenanya yang hendak datangkan penonton.

Post a Comment for "Waktu Yang Tepat Untuk Upload Vidio Youtube"