Ikut Bunda Belanja di Kasih Upah Kelepon

Cara Membuat Klepon Tradisional, Cara Membuat Klepon Gula Merah, Cara Membuat Klepon Dan Bahannya, Cara Membuat Klepon Simple, Cara Membuat Klepon Cake, Klepon Cara Membuat, Cara Membuat Klepon Kukus, Cara Membuat Cake Klepon, Cara Membuat Klepon Takaran Sendok, Cara Membuat Klepon 1 Kg, Cara Membuat Klepon Beserta Gambarnya, Cara Membuat Nastar Klepon, Cara Membuat Onde Onde Klepon, Cara Membuat Jajan Klepon, Cara Membuat Klepon Warna Warni, Cara Membuat Klepon Goreng, Cara Membuat Bolu Klepon, Cara Membuat Makanan Klepon, Cara Membuat Klepon Mudah, Cara Membuat Es Klepon, Cara Membuat Klepon Supaya Tidak Pecah, Cara Membuat Klepon Yang Benar, Cara Membuat Klepon Coklat, Tata Cara Membuat Klepon, Cara Membuat Klepon Pelangi, Cara Membuat Makanan Tradisional Klepon, Cara Membuat Adonan Klepon, Cara Membuat Klepon Hijau, Cara Membuat Onde Klepon, Cara Membuat Klepon Lembut, Cara Membuat Klepon Untuk Jualan, Cara Membuat Klepon Buah Naga, Cara Membuat Wadah Klepon Dari Daun Pisang, Cara Membuat Es Kopi Klepon, Cara Membuat Klepon Dessert Box, Cara Membuat Kopi Klepon, Cara Membuat Dessert Box Klepon, Cara Membuat Klepon Anti Pecah, Cara Membuat Klepon Yang Kenyal, Cara Membuat Kue Klepon, Cara Membuat Kue Klepon Dari Ubi, Cara Membuat Kue Klepon Ubi, Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu, Video Cara Membuat Kue Klepon, Cara Membuat Klepon Ketan, Cara Membuat Kue Klepon Ketan, Cara Membuat Kue Klepon Ketan Putih, Cara Membuat Klepon Dari Ketan, Cara Membuat Klepon Beras Ketan, Cara Membuat Klepon Ketan Putih, Cara Membuat Klepon Ubi, Cara Membuat Klepon Ubi Ungu, Cara Membuat Klepon Dari Ubi, Cara Membuat Klepon Ubi Putih, Cara Membuat Klepon Ubi Goreng, Cara Membuat Klepon Dari Ubi Ungu, Cara Membuat Klepon Ubi Jalar, Cara Membuat Klepon Ubi Kayu,
Cara Membuat Klepon
Klepon atau kelepon ialah semacam makanan tradisional atau kue tradisionil Indonesia yang terhitung ke barisan jajan pasar. 

Makanan nikmat ini dibuat dari tepung beras ketan yang dibuat seperti bola-bola kecil dan berisi gula merah lalu direbus di air mendidih.

Apa arti dari kata klepon? Sejak jaman dahulu, orang Jawa percaya klepon adalah singkatan dari kanti lelaku pasti ono yang artinya Dengan laku 'prihatin' pasti ada jalan keluar. "Ini yang berkembang di masyarakat.

Resep Membuat Klepon Tradisional

Klepon tidak susah untuk dibikin, berbahan juga sederhana.

Antiknya kembali kue klepon condong dicintai semua umur karena rasanya yang manis.

Ada kesan ledakan gula merah saat klepon digigit. Tidak perlu waktu yang lama untuk membikin klepon, cukup sempatkan 30 menit untuk membikin cemilan tradisionil Indonesia ini.

Klepon berasal dari daerah apa? klepon berasal dari Jawa, tapi juga dikenal di Sumatra dan Sulawesi. Bahkan, legenda juga sampai ke Malaysia, yang mereka sebut dengan nama onde-onde. Bahan makanan ini sangat simpel, hanya terdiri dari tepung kanji, daun pandan, dan gula aren atau gula merah.

Berikut resep klepon, kue tradisional ciri khas Indonesia diambil dari Resep Masakan.

Klepon terbuat dari tepung apa?Klepon umumnya dibuat dari bahan dasar tepung ketan lalu diberi aneka warna seperti putih, hijau, ungu, bahkan merah. Kemudian klepon diberi isian gula merah. Nah, isian gula merah ini yang biasanya membuat rasa klepon menjadi manis dan enak. Terakhir, klepon disajikan dengan baluran parutan kelapa.
Bahan Klepon 2 porsi:
  • 250 gram tepung ketan putih 
  • 30 gram tepung sagu 
  • 2 sendok teh air kapur sirih 
  • 200 ml santan hangat (dari 1/4 butir kelapa) 
  • 30 ml air suji (dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan) 
  • 85 gram gula merah, cacah halus untuk isian
Bahan Taburan:
  • 200 gram kelapa parut kasar 
  • 3 lembar daun pandan 
  • 1/2 sendok teh garam

Trik membuat klepon:

Langkah langkah membuat kue klepon?
1. Olah dulu taburan kelapa, dengan menambah bahan dengan rata selanjutnya kukus di atas api sedang sepanjang 20 menit sampai matang.

2. Sekalian menanti taburan kelapa masak, bikinlah klepon dengan mencampir tepung ketan, tepung sagu, dan air kapur sirih.


3. Masukan santan hangat dikit demi sedikit, selanjutnya tambahkan air daun suji sedikit dan aduk sampai adonan kalis.

4. Bila adonan telah kalis, mengambil sedikit selanjutnya pipihkan. Simpan cacahan gula merah dan gulung adonan supaya bulat.

5. Rebus adonan yang telah dibuat di air panas mendidih. Apabila sudah terapung maknanya kue telah matang. A pinggirkan dan ngkat.

5. Gilingkan kue yang hangat di taburan kelapa. Klepon siap dinikmati.

Resep klepon, cara membuat klepon dan bahannya, cara membuat klepon mudah, rasa klepon, klepon terbuat dari, klepon mika, resep klepon ketan empuk, sejarah klepon.

Post a Comment for "Ikut Bunda Belanja di Kasih Upah Kelepon"