EURUSD Minggu Pertama Agustus 2019

Pasangan mata uang EUR/USD dipercaya akan meneruskan peningkatan di minggu ini, sesudah meguat diakhir minggu lalu. Pengokohan disokong sentimen esensial atau teknikal.

1. Time Frame MN Bulanan

2. Time Frame W1 Mingguan

Analisis Rifan Financindo Berjangka Puja Purbaya Sakti menjelaskan, pada penutupan perdagangan akhir minggu, Jumat (2/8), pasangan EUR/USD kuat 0,22% ke tingkat 1,1107. 

Menurut dia, gerakan pasangan EUR/USD kuat karena launching data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang kurang mengagumkan seperti data non-farm payroll (NFP) dan tingkat pengangguran di AS.

3. Time Frame D1 Harian

Dollar AS pada Jumat (02/08) menurun turun saat laporan NFP dirilis. Kebalikannya, euro berusaha meneruskan rebound dengan disokong oleh launching data pemasaran retail Eropa sepanjang Juni 2019 yang memperlihatkan peningkatan signifikan.

"Tetapi data inflasi produsen menyebalkan, hingga batasi ketertarikan membeli pasar. Positifnya, data retail bisa jadi sedikit akan memudahkan kekuatiran Bank Sentra Eropa (ECB)," kata Sakti ke Kontan.co.id, Sabtu (3/8).

Laporan terkini itu mengisyaratkan jika berbelanja rumah tangga lokal masih memberikan dukungan kemajuan ekonomi teritori Eropa, walau keinginan export menurun. Hal ini menunjukkan jika kemerosotan bidang manufacturing teritori Eropa belum merambat ke bidang lain.

Meskipun begitu, laporan inflasi produsen yang dipublikasi oleh Eurostat malah menyebalkan. Perkembangan inflasi produsen terdaftar turun 0,6% (mom) pada Juni 2019, sementara pergerakan tahunannya terpangkas dari 1,6% jadi 0,7% (year-on-year).

"Dalam kata lain, laporan ini memberikan dukungan harapan pasar berkenaan peluang ECB untuk memotong suku bunga atau mengeluarkan program kelonggaran moneter tambahan dalam beberapa waktu di depan," jelasnya.
Secara analisis teknikal, diagram daily tanda Moving Average Exponential (EMA) menjadi kecil dengan arah kurs naik, selanjutnya pada Vortex Indicator (VI) dengan keadaan red over blue yang menjadi kecil, ini memberikan indikasi arah kurs mempunyai potensi naik. Seterusnya pada tanda True Strengh Indicator (TSI) ada diarea -22 yang memperlihatkan kurs mempunyai potensi turun.

Sakti menjelaskan, pada umumnya EUR/USD masih mempunyai potensi naik terbatas pada perdagangan selanjutnya. Dia menyarankan buy pasangan EUR/USD pada Senin (5/8), sepanjang harga di atas 1,1122 dengan tingkat resistance di antara 1,1127, 1,1146, dan 1,1194 dan dukungan di antara 1,1079, 1,1050, dan 1,1001.

Post a Comment for "EURUSD Minggu Pertama Agustus 2019"