Puisi Sumpah Pemuda 3 Bait 4 Baris

Puisi Sumpah Pemuda 3 Bait 4 Baris
Puisi Sumpah Pemuda 3 Bait 4 Baris

Puisi sumpah pemuda 3 bait 4 baris, hari Sumpah Pemuda diperingati secara rutin setiap tahun pada 28 Oktober.

Hari Sumpah Pemuda diperingati sebagai hari bersejarah mengenang perjuangan gigih para pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan mengusir penjajahan.


Judul Puisi AKU


Kalau sampai waktuku

Ku mau tak seorang kan merayu

Tidak juga kau


Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang


Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari


Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

Karya: Chairil Anwar 


Judul Puisi DIPONEGORO


Di masa pembangunan ini 

Tuan hidup kembali Dan bara kagum menjadi api 

Di depan sekali tuan menanti Tak gentar 

Lawan banyaknya seratus kali

Pedang di kanan, keris di kiri

Berselempang semangat yang tak bisa mati

Karya: Chairil Anwar 


Judul Puisi Prajurit Jaga Malam 


Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu? 

Pemuda-pemuda yang lincah tua-tua keras, 

Bermata tajam 

Mimpinya kemerdekaan bintang-bintangnya 

Kepastian Ada di sisiku selama menjaa daerah mati ini Aku suka pada mereka yang berani hidup 

Aku suka pada mereka yang masuk menemu malam 

Malam yang berwangi mimpi, terlucut debu…. 

Waktu jalan. Aku tidak tahu apa nasib waktu!

Karya: Chairil Anwar 

Post a Comment for "Puisi Sumpah Pemuda 3 Bait 4 Baris"