Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas Delapan 8


1. Bacalah kutipan teks berita berikut
Akhir tahun 2019 lalu, muncul wabah virus corona jenis baru yang menyebabkan para penderita mengalami pneumonia. Virus ini mewabah pertamakali di Wuhan, Cina. Di duga virus corona ini  berasal dari pasar ikan Huanan, di Wuhan. World health organization (WHO) menetapkan virus baru ini bernama resmi novel corona virus, yang berjenis zoonosis yaitu virus yang ditularkan dari hewan ke manusia. Sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah penularannya. Cara mencegah infeksinya hampir sama dengan cara mencegah flu.
Berdasarkan isi teks berita di atas, dimanakah pertama kali ditemukan virus corona?
a. Amerika
b. Singapura 
c. Wuhan – Cina
d. Jepang
2. Bacalah kutipan teks berikut
Gunung Argopuro yang sempat terbakar pada musim kemarau lalu, diduga menjadi salah satu penyebab banjir bandang yang terjadi di kecamatan Ijen, bondowoso dan kecamatan Sukorambi- Jember. Banjir tersebut diduga karena kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau kemarin. Selain itu, pembalakan kayu secara liar dan tidak bertanggung jawab juga marak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di Jawa Timur ada tujuh titik gunung yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla), salah satunya adalah gunung Raung dan gunung Argopuro.
Unsur yang menonjol darikutip[an teks berita di atas adalah…
a. Apa
b. Siap
c. Kapan
d. Mengapa
3. Kunyit merupakan tanaman yang mengandung antibiotic tinggi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Kandungan antibiotic dalam kunyit dapat membunuh virus, kuman dan sel-sel penyakit dengan sangat cepat.  Dengan meminum sari air kunyit setiap hari, maka sel-sel penyakit dalam tubuh kita akan mati. Bagi mereka yang menderita penyakit kronis, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman sari kunyit setiap hari. Dr. Hario Sudibyo sudah melakukan penelitian selama dua belas tahun pada kandungan tanam kunyit ini, dan hasilnya sangat mencengangkan. Ternyata kandungan antibiotic pada kunyit tidak hanya terdapat pada buah kunyitnya, tetapi juga pada daun dan akar kunyit.
Tema dari teks eksposisi di atas adalah …
a. Manfaat kandungan kunyit
b. Kandungan kunyit
c. Cara mengkonsumsi kunyit
d. Penelitian terhadap tanaman kunyit
4. Bacalah kutipan teks puisi berikut
Merdu kicauanmu menggelitik hati ini
Angin pantai berhembus membelai lembut
Sang jingga merona memanggilmu untuk pulang
Berkumpul kembali dalam hangatnya pelukan
Latar waktu yang tergambar pada puisi di atas adalah…
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari
5. Ritual  adat Ojung
Ojung adalah salah satu ritual adat yang dialukan oleh sekelompok masyarakat di beberapa daerah di kabupaten Jember. Ritual ini berawal dari datangnya musim kemarau yang sangat panjang, hingga kekeringan panjangpun melanda. Akhirnya seorang pemangku desa melakukan ritual Ojung bersama masyarakat untuk mendatangkan hujan. Dalam ritual ini, dipimpin oleh sesepuh desa, disiapkan cendol (dawet) sebagai sajian yang nantinya akan diminum bersama. Sesepuh desa melakukan ritual kepada beberapa laki-laki dewasa yang kemudian dicambuk dengan rotan. 
6. Buku berjudul “ Sajak-sajak Chairil Anwar” ini berisi kumpulan puisi Chairil Anwar. Didalamnya tertuang semua puisi Chairil Anwar yang kebanyakan bertemakan semangat perjuangan. Puisi Chairil Anwar isinya selalu menggugah semangat patriotisme yang menggebu-gebu. Buku ini juga disertai dengan ulasan pada setiap judul puisinya.
Cuplikan teks ulasan di atas merupakan bagian …
a. Identitas buku
b. Synopsis
c. Keunggulan buku
d. Kekurangan buku
7. Bacalah teks berikut!
Ahmad Thohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah.ahmad Thohari berasal dsari keluarga santr. Ayahmya seorang Kyai dan Ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga ahmad Thohari tidak kekurangan. Akan tetapi masyarakat lingkungan sekitarnya mengalami kelaparan.
Ahmad Thohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengaran Trilogi Ronggeng Dukuh Paruh (1982), Lintang Kemukus Dini Hari (1985) dan Lentera Bianglala (1986). Karya –karyanya mendapat penghargaandari Dewa Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Bekisar Merah, Ahmad Thohari meraih hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah …
a. Penulis karya yang terkenal dengan triloginya
b. Penulis novel yang berasal darikeluarga santri
c. Pemimpin redaktur Majalah Jakarta
d. Sastrawan yang tanggap terhadap bencana alam
8. Cermati kutipan teks drama berikut!
(1) Aku tak ingin kehilangan sahabat Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka ketika tahu aku lumpuh.”
(2) “Mana mungkin aku begitu…!” mata Airin tersa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah saying kepadamu setelah bertemu.
(3) “Sudahlah,” dayu memegang tangan Airin. “kenalkan, ini Pamanku”.
(4) Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecokelatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bias berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Bagaimanakah cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut?
a. Percakapan tokoh lain
b. Ucapan tokoh itu sendiri
c. Diceritakan langsung oleh pengarang
d. Reaksi tokoh terhadap masalah
9. Perlunya Resapan Air untuk Resapan Air
Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bioal pemerintah berjuang keras dan mengeluyarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun salurtan air yang baik merupakan salah-satu cara pemerintah menanggualngi banjir. Akan tetapi, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi resapan air ini merupakan syarat mutlak untuk menanggualangi banjir.
Pendapat yang mendukung kutiopan isi teks tersebut adalah …
a. Solusi tersebut hanya akanmenghamburtkan uang negara
b. Solusi seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan
c. Solusi yang dipilih pemerintah tidak akan mampu menanggulangi banjir
d. Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit untuk membangun resapan air diperkotaan
10. Cermati teks berikut!
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya
(2) Cuci hingga bersih
(3) [ … ]
(4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah…
a. Kupas bagian kulitnya
b. Biarkan sekitar 10 menit
c. Lepaskan dari luka bila sudah sembuh
d. Tempelkan pada kulit yang luka
11. Bacalah teks berikut!
Membaca adalah kegiatan yang sangat betmanfaat. Dengan membaca, ilmu dan wawasan kita akan semakin luas, sehingga kita tidak akan tertinggal oleh zaman yang semakin maju ini. Selain bermanfaat, membaca juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Membaca buku ternyata juga bisa menyegarkan otak kita yang tegang. Oleh karena itu, marilah membudayakan kegiatan membaca karena membaca bisa memperluas wawasan dan menenangkan suasan hati.
termasuk jenis apakah teks di atas?
a. Teks deskripsi
b. Teks Persuasi
c. Teks eksposisi
d. Teks argumentasi
12. Penyakit titanus disebabkan kuman tetanus. Dalam keadaan tidak aktif, khuman tersebut banyak ditemukan di tanah dan tempat yang kotor dan tertutup tanpa oksigen dan lapisan berkarat. Dalam suasana tanpa oksigen, khuman mulai aktif menyerang lokasi sasaran. Gambaran umum yang dijumpai pada penderita tetanus adalah kekakun otot, mulai dari otot wajah, perut dan punggung, hingga kaki. Kekakuan tersebut terjadi karena terganggunya hubungan otot dan jaringan syaraf.
Perbaikan penggunaan kata baku yang dicetak miring dalam paragraph tersebut adalah …
a. Tetanus, kuman, saraf
b. Tetanus, khuman, syaraf
c. Titanus, kuman syaraf
d. Titanus, kuman, saraf

https://mancingmaniakalijember.blogspot.com/2020/02/soal-bahasa-indonesia-kelas-delapan-8.html



Post a Comment for "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas Delapan 8"